Sabtu, 06 Oktober 2012

Menghadapi Teman Sekamar Kos yang Jorok

Punya teman kos satu kamar yang jorok tentu menyebalkan, hemm… enaknya diapain ya?

Kamar adalah salah satu tempat untuk mencari kenyamanan, tempat di mana kita beristirahat, tapi kalau kamar kita bau, jorok dan kotor gimana? Terlebih kalau ulah kejorokan tersebut dari teman sekamar kita...

Susah memang kalau kita punya teman sekamar yang jorok, bagaimana tidak, barang-barangnya tidak rapi, tercecer kesana-kemari. Baju-bajunya asal diletakkan begitu saja dan tak dibedakan mana yang kotor dan mana yang bersih. Ditambah lagi orangnya yang jarang mandi? Ih….

Awalnya kita mau mengingatkan kepada yang bersangkutan. Tapi hanya karena alasan ‘tidak enak’ kita urung melakukannya dan memberikan dia toleransi asal masih tidak terlalu mengganggu kita.

Tapi ada pula yang tidak tahan dengan kelakuan dia seperti ini, dan pertengkaranpun terjadi, salah satu lebih memilih untuk angkat kaki karena tidak bisa menyesuaikan kebiasaannya masing-masing

Ngomong Langsung Bagaimanapun kalau ada masalah ketidakcocokkan dengan teman satu kamar Anda jalan terbaik adalah diomongkan bersama. Setidaknya dengan ini komunikasi ini akan disimpulkan sebuah titik temu yang tidak merugikan di salah satu pihak. Kamar kalian adalah kepunyaan kalian juga yang mestinya dijaga oleh kalian berdua, jangan jadikan masalah ini sebagai awal pemicu masalah yang lebih besar lagi.

Beri Semprotan Pewangi Lakukan penyemprotan pewangi secara rutin, walaupun secara visual kamar Anda memang terasa seperti kapal pecah, paling tidak bau yang ditimbulkan dengan menyemprotkan pewangi tersebut akan menjadikan kondisi yang nyaman.

Pembentukan Jadwal Piket Membentuk jadwal piket membersihkan sangat efektif untuk meredamka masalah ini. Dari ini pula teman Anda akan belajar untuk hidup bersih. Paling tidak dalam seminggu sekali secara bergantian membersihkan kamar kos Anda. Atau Anda bisa juga menerapkan jadwal pembersihan kos secara bersama-sama dan teak perlu bergantian, selain lebih cepat selesai dan tak perlu tenaga banyak, keakraban pun akan terjalin dari kerja sama yang Anda lakukan bersama rekan Anda.

Pindah Kamar, Jangan Pindah Kos Jika konflik sudah tidak bisa dihindari dan Anda memang tidak cocok dengan kebiasaan teman Anda, sebisa mungkin Anda untuk tidak angkat kaki dari kos, pindah kamar dirasa cukup untuk meredam suasana seperti ini. Walaupun secara kebiasaan Anda tidak cocok dengan rekan Anda itu, tapi Anda masih tetap bisa berteman dengannya, betul tidak?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar