Selasa, 11 September 2012

[ tips ] Bila Barang Sering Hilang di kosan

Maling berkeliaran di kosan kita ? ini ancaman bagi kita nih. Bung KOSOL mau sedikit membagi tips, bagimana sih mengatasi masalah maling yang berkeliaran di  kosan. inilah tips untuk mengakali si maling ini.

Maling, bagaimanapun bentuknya, mau maling ayam, maling sandal, bahkan maling duit rakyat, tetap saja kehadirannya sangat-sangat mengganggu dan kehadirannya ibarat musibah bagi kita.

Apapun itu, maling tetap manusia, kita tak tau siapa manusia disekitar kita yang tergolong seorang maling, karena modus pengambilan barang secara sembunyi-sembunyi. Maling bisa saja berada di sekitar lingkungan kita, semua tempat bisa jadi sasaran, tak terkecuali di kosan kita.

Kalau di kosan, semua barang bisa jadi sasaran, dompet (uang), handphone, laptop dan bahkan sepeda motor pun bisa hilang. Pada dasarnya semua bentuk pencurian di kosan biasanya sudah terorganisir sebelumnya, maksudnya si maling pasti tau dimana Anda meletakkan barang berharga Anda, karena memang si maling kadang berasal dari orang di sekeliling Anda. Anda perlu waspada, apalagi ketika kosan Anda mempunyai lebih dari 10 kamar kosan.

Berikut ini adalah beberapa poin yang perlu Anda perhatikan :
  • Jangan mengumpulkan semua uang Anda dalam satu tempat, pisahkan uang yang Anda pakai sehari-hari dengan uang simpanan Anda. Anda sebaiknya punya ‘tempat rahasia’ untuk menaruh uang simpanan Anda, dan pastikan hanya Anda yang mengetahuinya.
  • Ketika Anda keluar dari kamar kosan, sebaiknya pintu dan jendela Anda dalam keadaan terkunci. Ada beberapa pengalaman orang yang mengeluhkan kehilangan barang ketika ditinggal mandi yang hanya 5-10 menit saja.
  • Kalau Anda tidur pada malam hari, wajib mengunci pintu. Dan pastikan pula bahwa HP, dompet, laptop dan barang berharga Anda lainnya di tempat yang aman.
  • Ketika Anda memarkir sepeda motor di kosan, pastikan Anda sudah menguncinya dengan aman, kalau perlu dikunci dengan model ‘dobel’, walaupun agak ribet, tapi setidaknya bisa mencegah dari hal yang sama-sama tidak kita inginkan.
  • Kenali lingkungan kosan Anda dengan baik. Anda lebih baik mengenal semua orang yang menghuni kos tersebut.
  • Hati-hati terhadap orang asing yang masuk dalam lingkungan kosan Anda, walaupun itu adalah teman dari teman kosan Anda sendiri.
  • Jangan remehkan waktu-waktu yang biasa, seperti pagi setelah subuh, biasanya maling saat itulah beraksi. Ingat, maling tak hanya datang saat malam hari, tapi saat dimana Anda sedang lengah.
  • INGAT waspada bukan berarti parno, lantas Anda terlalu berhati-hati dan mencurigai orang disekeliling Anda, waspadalah, tapi jangan terlalu berlebihan.
  • Sebelum Anda memutuskan menempati sebuah kosan, selain Anda mengikuti alangkah lebih baiknya jika Anda juga menanyakan track records ‘kemalingan’ pada kosan tersebut. Hal ini berguna, Demi keamanan Anda sendiri bukan ?
Mungkin itu saja, beberapa tips yang Bung KOSOL kasih, semoga bisa membatu. Bila teman - teman kosoler punya tips lain untuk mengatasi maling, bisa untuk memberikan komentar pada kolom komentar di bawah ini.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar